Windows 4.0 Dan Windows NT 3.1

belitungcyber.com, Windows 4.0 Dan Windows NT 3.1: Melangkah Menuju Kesempurnaan Sistem Operasi

Dalam perjalanan evolusi sistem operasi Windows, dua versi yang berperan penting adalah Windows 4.0 dan Windows NT 3.1. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi fitur-fitur menarik dari kedua sistem operasi ini dan melihat bagaimana inovasi yang mereka bawa membawa Windows ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia komputasi.

Windows 4.0: Windows 4.0, yang juga dikenal sebagai Windows 95, diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995. Ini adalah langkah besar dalam sejarah Windows, menggabungkan antarmuka pengguna yang intuitif dengan kemampuan yang lebih baik untuk multitasking dan dukungan perangkat keras yang lebih luas.

  1. Antarmuka Pengguna yang Revolusioner: Windows 4.0 memperkenalkan antarmuka pengguna yang revolusioner yang dikenal sebagai “Windows shell”. Ini menampilkan tombol Start yang ikonik, taskbar, dan sistem menu Start yang memudahkan pengguna untuk menjelajahi dan mengakses aplikasi, file, dan pengaturan. Ini adalah desain antarmuka yang mempengaruhi sistem operasi Windows selanjutnya.
  2. Dukungan untuk Plug and Play: Salah satu fitur paling menonjol dari Windows 4.0 adalah dukungan yang ditingkatkan untuk teknologi Plug and Play. Pengguna tidak lagi harus secara manual mengonfigurasi perangkat keras baru yang terhubung ke komputer. Windows 4.0 secara otomatis mendeteksi perangkat dan menginstal driver yang sesuai, menyederhanakan proses penggunaan perangkat keras baru.
  3. Dukungan untuk Jaringan: Windows 4.0 membawa peningkatan besar dalam dukungan jaringan. Fitur built-in seperti Microsoft Networking memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan lokal, berbagi file, dan mencetak dokumen melalui printer bersama. Ini membuka pintu bagi produktivitas dan kolaborasi yang lebih baik di lingkungan jaringan.

Windows NT 3.1: Windows NT 3.1, diluncurkan pada tahun 1993, adalah versi pertama dari keluarga sistem operasi Windows NT yang berfokus pada kebutuhan bisnis dan penggunaan di lingkungan yang lebih besar.

  1. Stabilitas dan Keamanan yang Lebih Baik: Windows NT 3.1 menawarkan stabilitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Arsitektur sistem yang kuat dan terpisah memungkinkan isolasi kesalahan dan keamanan yang lebih baik. Ini membuat Windows NT 3.1 menjadi pilihan yang lebih andal untuk kebutuhan bisnis dan komputasi yang lebih kritis.
  2. Dukungan untuk Sistem File NTFS: Windows NT 3.1 memperkenalkan sistem file NTFS (New Technology File System), yang menyediakan performa lebih baik, dukungan keamanan yang ditingkatkan, dan kemampuan manajemen file yang lebih fleksibel. NTFS menjadi standar sistem file yang digunakan dalam versi Windows berikutnya dan tet